ANALISIS PERBANDINGAN HAMBATAN KAPAL IKAN 28 GT BERDASARKAN VARIASI METODE PERHITUNGAN HAMBATAN

Authors

  • Suardi Suardi Institut Teknologi Kalimantan Author
  • Muhammad Uswah Pawara Uswah Institut Teknologi Kalimantan Author
  • Wira Setiawan Wira Institut Teknologi Kalimantan Author
  • Alamsyah Alamsyah Institut Teknologi Kalimantan Author
  • Amalia Ika Wulandari Amalia Institut Teknologi Kalimantan Author
  • Hariyono Hariyono Institut Teknologi Kalimantan Author
  • Andi Mursid Nugraha Arifuddin Andi Institut Teknologi Kalimantan Author
  • Ahmad Zulfikar Zulfikar Institut Teknologi Kalimantan Author
  • Syerly Klara Syerly Departemen Teknik Sistem Perkapalan Universitas Hasanuddin Author

DOI:

https://doi.org/10.35314/7s496782

Keywords:

Hambatan Kapal, Kapal Ikan 28 GT, Engine Power, Konsumsi Bahan Bakar

Abstract

Penelitian ini menganalisis hambatan kapal pada kapal ikan berukuran 28 Gross Tonnage (GT) yang dibangun berdasarkan pengetahuan turun-temurun oleh pengrajinnya tanpa perhitungan teknis yang akurat, seperti koefisien kapal. Ketidakpastian dalam desain ini dapat memengaruhi hambatan kapal, yang pada gilirannya mempengaruhi penentuan daya mesin, konsumsi bahan bakar, dan ukuran mesin kapal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hambatan total kapal menggunakan metode analitik dan perangkat lunak Maxsurf student version, khususnya modul Modeler dan Resistance. Metode analitik yang digunakan meliputi metode Holtrop, Van Oortmerssen, dan Delft Series, yang dirancang untuk menghitung hambatan pada kapal ikan dan kapal kecil. Hasil perhitungan hambatan total dari masing-masing metode menunjukkan bahwa metode Holtrop menghasilkan hambatan sebesar 2,23 kN, metode Van Oortmerssen sebesar 1,765 kN, dan Delft Series sebesar 2,15 kN. Perbandingan daya mesin kapal dalam satuan horse power menunjukkan selisih antara daya mesin terpasang dengan daya mesin yang dihitung sebesar 14,11% pada metode Holtrop, 32,1% pada metode Van Oortmerssen, dan 17,16% pada Delft Series pada kecepatan 7,197 knot. Selain itu, perbandingan konsumsi bahan bakar menunjukkan bahwa metode Holtrop memprediksi konsumsi sebesar 0,32 ton, metode Van Oortmerssen sebesar 0,20 ton, dan Delft Series sebesar 0,29 ton, sementara konsumsi bahan bakar mesin terpasang adalah 0,43 ton pada kecepatan yang sama. Dari hasil perbandingan ini, metode Van Oortmerssen dinilai paling sesuai untuk diterapkan pada kapal ikan 28 GT dalam penelitian ini.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-11-29

Issue

Section

Articles

How to Cite

ANALISIS PERBANDINGAN HAMBATAN KAPAL IKAN 28 GT BERDASARKAN VARIASI METODE PERHITUNGAN HAMBATAN. (2024). INOVTEK Polbeng, 14(02), 140-151. https://doi.org/10.35314/7s496782