Analisa Kegagalan Sistem Kemudi Rack and Pinion pada Mobil Listrik Laksmana V2 dengan Metode FMEA (Failure Mode Effect and Analysis)

Authors

  • Muhammat tarmizi politeknik negeri bengkalis Author

Keywords:

rack and pinion, kegagalan fmea

Abstract

Sistem kemudi yang paling banyak digunakan yaitu sistem kemudi rack and pinion. Sistem kemudi kendaraan pada umumnya ditunjang dengan mekanisme power steering untuk menunjang keamanan dan kestabilan. Mekanisme power steeringyang banyak digunakan yaitu hidrolik power steering dan electrical power steering. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui fungsi cara kerja dan kegagalan yang terjadi pada kemudi tipe rack and pinion pada mobil listrik laksmana V2 penelitian ini di lakukan di bengkel teknik mesin politeknik negeri Bengkalis metode di gunakan untuk menganalisa kegagalan sistem kemudi rack and pinion dengan metode (failure mode effect and analysis). Dari hasil penelitianterdapat 3 kegagalan fungsi sistem kemudi pada mobil listrik yaitu gerak bbas sudut dan kesetabilan sistem kemudi yang mana yang paling berpotensi kerusakan pada sudut roda.

Published

2024-11-28