Peningkatan Kemampuan Bahasa Inggris Siswa Melalui Penerapan Buku English Competition Handbook: Panduan untuk Event, Strategi dan Kriteria Penilaian
DOI:
https://doi.org/10.35314/zks9de96Kata Kunci:
Pelatihan, Kompetisi Bahasa Inggris, Pembelajaran KreatifAbstrak
Kompetisi kemampuan bahasa Inggris menjadi wadah penting bagi siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) untuk mengembangkan keterampilan berbahasa mereka. Di Kabupaten Bengkalis, keterlibatan siswa dalam ajang kompetisi Sumatra English Olympiad (SEO) masih terbatas pada babak penyisihan. Hal ini menunjukkan adanya kebutuhan akan persiapan yang lebih baik. Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan bahasa Inggris siswa/i SMA di Kabupaten Bengkalis melalui penerapan materi yang kreatif dan efektif berbasis buku English Competition Handbook. Program ini melibatkan pelatihan intensif selama 16 pertemuan, dengan fokus pada teknik speech, story telling, debat, dan news casting. Setelah pelatihan, diadakan Mini English Competition untuk mengevaluasi peningkatan keterampilan siswa. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam kepercayaan diri dan keterampilan bahasa Inggris siswa, yang dibuktikan dengan hasil kompetisi mini yang diadakan. Diharapkan, pengabdian ini dapat mempersiapkan siswa SMA untuk lebih kompetitif di tingkat provinsi dan nasional.