Peningkatan Kemampuan Bahasa Inggris Siswa Melalui Penerapan Buku English Competition Handbook: Panduan untuk Event, Strategi dan Kriteria Penilaian

Penulis

  • Pretti Ristra Politeknik Negeri Bengkalis Penulis
  • Agnes Arum Budiana Politeknik Negeri Bengkalis Penulis
  • Desi Wahana Politeknik Negeri Bengkalis Penulis

DOI:

https://doi.org/10.35314/zks9de96

Kata Kunci:

Pelatihan, Kompetisi Bahasa Inggris, Pembelajaran Kreatif

Abstrak

Kompetisi kemampuan bahasa Inggris menjadi wadah penting bagi siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) untuk mengembangkan keterampilan berbahasa mereka. Di Kabupaten Bengkalis, keterlibatan siswa dalam ajang kompetisi Sumatra English Olympiad (SEO) masih terbatas pada babak penyisihan. Hal ini menunjukkan adanya kebutuhan akan persiapan yang lebih baik. Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan bahasa Inggris siswa/i SMA di Kabupaten Bengkalis melalui penerapan materi yang kreatif dan efektif berbasis buku English Competition Handbook. Program ini melibatkan pelatihan intensif selama 16 pertemuan, dengan fokus pada teknik speechstory telling, debat, dan news casting. Setelah pelatihan, diadakan Mini English Competition untuk mengevaluasi peningkatan keterampilan siswa. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam kepercayaan diri dan keterampilan bahasa Inggris siswa, yang dibuktikan dengan hasil kompetisi mini yang diadakan. Diharapkan, pengabdian ini dapat mempersiapkan siswa SMA untuk lebih kompetitif di tingkat provinsi dan nasional.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Diterbitkan

29-11-2024

Cara Mengutip

Peningkatan Kemampuan Bahasa Inggris Siswa Melalui Penerapan Buku English Competition Handbook: Panduan untuk Event, Strategi dan Kriteria Penilaian. (2024). TANJAK : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 52-61. https://doi.org/10.35314/zks9de96