Workshop Digitalisasi & Pemasaran Produkbagi Masyarakat Pengelola UMKM dan Pariwisata Kelurahan Rimba Sekampung, Bengkalis
DOI:
https://doi.org/10.35314/20fw1265Keywords:
Pemasaran Digital, UMKM, PariwisataAbstract
Memiliki produk UMKM yang unik, objek wisata yang menarik, serta potensi wisata alam lainnya seperti wisata hutan mangrove, wisata memancing, wisata kuliner makanan laut, dan laini-lain, ditambah lagi dengan dekatnya jarak kelurahan ini dari pusat kota Bengkalis, ternyata belum mampu menarik atensi masyarakat lokal ataupun wisatawan untuk meramaikan produk UMKM serta pariwisata yang ditawarkan oleh pengelola UMKM dan pariwisata Kelurahan Rimba Sekampung (Rimbas). Kurangnya pengetahuan masyarakat, khususnya pengelola UMKM dan pariwisata dalam hal pemasaran produk menjadi salah satu faktor penyebab sepinya peminat produk masyarakat di kelurahan ini. Berdasarkan analisa situasi diperoleh bahwa permasalahan mitra antara lain: Belum tergalinya potensi produk-produk UMKM dan wisata lain yang ada di Kelurahan Rimbas, Produk UMKM dan wisata yang sudah ada belum dipromosikan/dipasarkan secara optimal, Kurangnya pengetahuan (knowledge) dan keterampilan (skills) masyarakat khususnya pengelola UMKM dan pariwisata di Kelurahan Rimbas tentang cara memasarkan produk wisata secara digital (digital marketing). Guna membantu menyelesaikan permasalahan yang dihadapi mitra, kami mencoba berbagi pengetahuan melalui pengabdian skema iptek bagi masyarakat dengan mengadakan Workshop Digitalisasi dan Pemasaran bagi masyarakat pengelola UMKM dan pariwisata di Kelurahan Rimbas. Kegiatan ini dilakukan selama 6 sesi dimana peserta diberikan materi teori dan juga praktek. Pre dan post-test juga diberikan guna mengukur tingkat kemampuan peserta sebelum dan sesudah diberikan pelatihan. Hasil post-test menunjukkan bahwa setelah mengikuti workshop, sekitar 86,7% peserta mengalami peningkatan baik dalam pengetahuan maupun skill mereka