Implementasi Artificial Intiligence Dan Aplikasi Digital Marketing Dalam Optimalisasi Potensi Umkm Pondok Rajut Ummu Kabupaten Bengkalis

Authors

  • rini_ arvikasari123 Politeknik Negeri Bengkalis Author
  • Erma Domos Politeknik Negeri Bengkalis Author
  • Risda Asfina Author

DOI:

https://doi.org/10.35314/1es9cx57

Keywords:

Artificial Intiligence, Digital Marketing, Promosi

Abstract

Di era perkembangan teknologi yang terus maju, penggunaan Artificial Intelligence (AI) dan Digital Marketing menjadi semakin penting dan relevan, termasuk bagi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Penerapan teknologi AI oleh UMKM dapat memberikan berbagai keuntungan, mulai dari aspek pemasaran hingga peningkatan produktivitas dan efisiensi bisnis yang berdampak pada pendapatan. Salah satu manfaat utama penggunaan AI bagi UMKM adalah peningkatan efisiensi operasional dan produktivitas bisnis UMKM. Dengan memanfaatkan kecerdasan buatan (AI) untuk mengotomatisasi pekerjaan, maka waktu dan sumber daya yang dimiliki dapat ditempatkan pada kegiatan lain yang memiliki strategi yang lebih tinggi. Permasalahan terkait teknologi di Pondok Rajut Ummu antara lain adalah Pondok Rajut Ummu tidak memiliki SDM dibidang pemasaran, sehingga menyebabkan belum maksimalnya cara penjualan melalui e-marketing. Pada prakteknya, para pelaku UMKM terkendala dengan masih minimnya pengetahuan mereka terhadap AI dan Digital Marketing. Sebab selama ini literasi digital dan kualitas daya manusia para pelaku UMKM sangat minim, sehingga berdampak pada kurang maksimalnya dalam memproduksi produk unggulan masing-masing. Padahal, mayoritas pelaku usaha UMKM ingin mempraktikkan bisnis digital dalam pengembangan usahanya Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah untuk melatih Pemanfaatan AI dan Penggunaan aplikasi digital marketing, Melalui pelatihan strategi promosi dengan menggunakan teknologi terkini, yaitu memanfaatkan AI dan Digital Marketing yang sudah menjadi tren dalam dunia usaha ini dapat meningkatkan kualitas SDM dengan membekali ilmu kepada UMKM untuk bersaing secara kompetitif menuju ekonomi kreatif.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

  • rini_ arvikasari123, Politeknik Negeri Bengkalis

    Rini Arvika Sari, Lahir di Bantan Tua pada tanggal 10 Mei 1988, Merupakan Anak Pertama dari dua bersaudara. Muhamad Arifin (Ayah) bekerja sebagai Wiraswasta, dan Ruslaini (Ibu) bekerja sebagai guru SD.  Penulis menyelesaikan pendidikan formalnya di SDN 050 Bantan Tua, MTSN Selatbaru, dan SMAN 01 Selat Baru. Setelah itu penulis menempuh pendidikan S1 di  Universitas Riau (UNRI) Jurusan Administrasi Niaga selama 3 tahun 10 bulan, Pada tahun 2015 penulis melanjutkan pendidikan S2 di Universitas Islam Riau (UIR) Jurusan Administasi Bisnis dan selesai pada tahun 2017. Penulis memiliki pengalaman bekerja sebagai Tenaga Administrasi di lembaga bimbingan belajar selama 1 tahun , Berpengalaman sebagai pendamping desa bidang ekonomi selama 3 tahun,  Dan pada tahun 2017 sampai saat ini penulis menjadi Dosen di Politeknik Negeri Bengkalis Jurusan Administasi Niaga Prodi Bisnis Digital.

     

Downloads

Published

2025-05-31

How to Cite

[1]
“Implementasi Artificial Intiligence Dan Aplikasi Digital Marketing Dalam Optimalisasi Potensi Umkm Pondok Rajut Ummu Kabupaten Bengkalis”, TANJAK, vol. 6, no. 1, pp. 8–15, May 2025, doi: 10.35314/1es9cx57.