Implementasi Artificial Intiligence Dan Aplikasi Digital Marketing Dalam Optimalisasi Potensi Umkm Pondok Rajut Ummu Kabupaten Bengkalis
DOI:
https://doi.org/10.35314/1es9cx57Keywords:
Artificial Intiligence, Digital Marketing, PromosiAbstract
Di era perkembangan teknologi yang terus maju, penggunaan Artificial Intelligence (AI) dan Digital Marketing menjadi semakin penting dan relevan, termasuk bagi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Penerapan teknologi AI oleh UMKM dapat memberikan berbagai keuntungan, mulai dari aspek pemasaran hingga peningkatan produktivitas dan efisiensi bisnis yang berdampak pada pendapatan. Salah satu manfaat utama penggunaan AI bagi UMKM adalah peningkatan efisiensi operasional dan produktivitas bisnis UMKM. Dengan memanfaatkan kecerdasan buatan (AI) untuk mengotomatisasi pekerjaan, maka waktu dan sumber daya yang dimiliki dapat ditempatkan pada kegiatan lain yang memiliki strategi yang lebih tinggi. Permasalahan terkait teknologi di Pondok Rajut Ummu antara lain adalah Pondok Rajut Ummu tidak memiliki SDM dibidang pemasaran, sehingga menyebabkan belum maksimalnya cara penjualan melalui e-marketing. Pada prakteknya, para pelaku UMKM terkendala dengan masih minimnya pengetahuan mereka terhadap AI dan Digital Marketing. Sebab selama ini literasi digital dan kualitas daya manusia para pelaku UMKM sangat minim, sehingga berdampak pada kurang maksimalnya dalam memproduksi produk unggulan masing-masing. Padahal, mayoritas pelaku usaha UMKM ingin mempraktikkan bisnis digital dalam pengembangan usahanya Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah untuk melatih Pemanfaatan AI dan Penggunaan aplikasi digital marketing, Melalui pelatihan strategi promosi dengan menggunakan teknologi terkini, yaitu memanfaatkan AI dan Digital Marketing yang sudah menjadi tren dalam dunia usaha ini dapat meningkatkan kualitas SDM dengan membekali ilmu kepada UMKM untuk bersaing secara kompetitif menuju ekonomi kreatif.