Menggali Kreativitas dan Keterampilan Digital Melalui Desain Grafis dan Mikrokontroler Dikalangan Pelajar
DOI:
https://doi.org/10.35314/yrv8ya08Keywords:
Desain Grafis, Mikrokontroler, Kreativitas dan Keterampilan Digital, Pengabdian Masyarakat, SMP Negeri 2 TarakanAbstract
Di era teknologi 4.0, pelajar dituntut untuk mahir menggunakan teknologi digital dalam menciptakan produk inovatif yang berguna dalam kehidupan sehari-hari. Namun, adanya kesenjangan pengetahuan antara guru dan dunia industri mengakibatkan siswa kurang mendapatkan pengalaman nyata dalam memanfaatkan teknologi digital terbaru untuk mengembangkan kreativitas dan keterampilan digital mereka. Oleh karena itu, kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk menggali kreativitas dan keterampilan digital melalui desain grafis dan mikrokontroler di kalangan pelajar. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah PAP (Project Action Plan), yang mencakup tahapan survei lokasi, persiapan kegiatan, dan pelaksanaan workshop. Workshop ini dibagi menjadi tiga sesi: pemaparan materi, demonstrasi, dan praktikum desain grafis serta mikrokontroler. Sebanyak 30 pelajar dari SMP Negeri 2 Tarakan berpartisipasi dengan antusias tinggi. Hasil observasi selama kegiatan menunjukkan peningkatan kreativitas dan keterampilan siswa dalam desain grafis dan mikrokontroler, berkat pengalaman langsung mereka dalam mendesain dan merakit alat elektronik sederhana. Kegiatan ini secara nyata berhasil mendorong minat, kreativitas, dan inovasi siswa dalam memanfaatkan teknologi terkini.