Portal Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Bengkalis Sebagai Media Informasi
DOI:
https://doi.org/10.35314/0t5t0926Keywords:
UMKM, koperasi, portal informasi, pengabdian masyarakat, Diskop UKM AbstractAbstract
Perkembangan teknologi informasi mendorong instansi pemerintahan untuk menyediakan layanan publik yang lebih terbuka dan mudah diakses oleh masyarakat. Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (Diskop UKM) Kabupaten Bengkalis memiliki peran strategis dalam mendorong pertumbuhan UMKM di daerah. Sayangnya, keterbatasan media informasi digital menyebabkan kurangnya penyebaran informasi program dinas secara efektif. Melalui program pengabdian masyarakat ini, dibangun sebuah portal informasi resmi yang memuat berbagai konten dinamis seperti berita, pengumuman, layanan digital, dan direktori UMKM. Metode pelaksanaan meliputi analisis kebutuhan, pengembangan portal, pelatihan pengelolaan konten, dan evaluasi penggunaan. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa portal ini mampu meningkatkan akses informasi publik serta mempermudah pelaku UMKM mendapatkan layanan dan informasi dari dinas. Portal ini juga meningkatkan efektivitas kerja dinas dalam penyebaran informasi secara cepat dan merata.