OPTIMASI KINERJA PELABUHAN RORO BANDAR SRI JUNJUNGAN KOTA DUMAI
DOI:
https://doi.org/10.35314/tekla.v6.i2.80Kata Kunci:
Pelabuhan, Sistem antrian, Steady state, Pelayanan, PeramalanAbstrak
Pelabuhan RoRo Bandar Sri Junjungan di Dumai menghubungkan daerah Dumai dengan Pulau Rupat. Pelabuhan ini memiliki aktivitas penyeberangan yang tinggi. Ini dapat dilihat dari lalu lintas kendaraan di akhir pekan dan hari libur dari pelabuhan penyeberangan Dumai ke Tanjung Kapal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mempelajari sistem antrian, menemukan solusi untuk antrian kendaraan, dan mendapatkan hasil dari analisis tingkat kebutuhan layanan produktivitas untuk kendaraan dan penumpang RoRo yang dimuat ke kapal RoRo di Pelabuhan Sri Junjungan Kota Dumai. Untuk memprediksi produktivitas selama lima tahun ke depan, survei lapangan, substitusi steady state, dan regresi linear kuadrat digunakan dalam penelitian ini. Karena kondisi ρ<1 tidak terpenuhi, sistem antrian belum berada pada kondisi steady state, menurut data survei. Metode substitusi steady state dengan penambahan satu kapal mengurangi kepadatan antrian dan menghasilkan waktu antrian tersibuk. Analisis data prakiraan lima tahun ke depan (2024–2028) menunjukkan peningkatan jumlah penumpang sebesar 12,66%, jumlah kendaraan roda 2 sebesar 9%, jumlah kendaraan roda 4 sebesar 9%, dan jumlah kendaraan roda 6 sebesar 6%. Dari analisis ini, dapat disimpulkan bahwa dengan penambahan satu kapal, tingkat pelayanan kapal akan optimal dalam mengelola antrian kendaraan, dan produktivitas penumpang dan kendaraan akan meningkat setiap tahun di Pelabuhan Bandar Sri RoRo Junjungan Kota Dumai.