ANALISIS PENGGUNAAN ECO DIESEL TERHADAP DAYA DAN TORSI PADA MESIN DIESEL TYPE 2GD COMMON RAIL
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan Eco Diesel terhadap daya dan torsi pada mesin diesel type 2GD Common Rail. Model penelitian ini mencakup teori dasar daya dan torsi mesin diesel serta prinsip kerja sistem Common Rail. Metode penelitian ini merupakan eksperimen dengan pendekatan kuantitatif yang menggunakan dynotest untuk mengukur keluaran daya dan torsi mesin. Data dari berbagai percobaan penggunaan campuran eco diesel dikumpulkan dan dianalisis secara statistik menggunakan aplikasi Minitab. Studi ini menunjukkan bahwa Eco Diesel meningkatkan efisiensi bahan bakar, mengurangi emisi, serta memiliki tenaga dan torsi yang sebanding dengan solar konvensional. Hasil pengujian menunjukkan dexlite ke dexlite campur eco diesel lebih unggul yaitu mengalami kenaikan power sebesar 3,88% dan Torsinya sebesar 10,29% pada RPM 2100, kemudian pada RPM 3400 mendapatkan power 4,69% dan torsinya sebesar 4,69%. Maka dari hasil penelitian tersebut dan eco diesel sangat mempengaruhi torsi dan daya mesin diesel type 2 GD common rail.
Kata kunci: Eco Diesel, 2GD Common Rail, Daya Dan Torsi