Pelatihan Peningkatan Kinerja Umkm Melalui “UMKM Naik Kelas” di Kabupaten Bengkalis
DOI:
https://doi.org/10.35314/xdkyt304Keywords:
Strategi Pemasaran, Pengelolaan Keuangan, Pajak, UMKMAbstract
Di Indonesia, UKM mempunyai peran yang strategis dan sangat besar kontribusinya terhadap perekonomian nasional dengan menyumbang 53,3% terhadap total PDB (Produk domestik bruto). Jumlah UKM di Indonesia mencapai sekitar 56,2 juta unit dan mampu menyerap 97,2% dari total tenaga kerja. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) tersebut pertumbuhan bisnis perdagangan berbasis online meningkat dalam 10 tahun terakhir, menjadi 26 juta atau naik 17% dan diikuti dengan jumlah UMKM yang mencapai lebih dari 55 juta unit, namun banyak tantangan yang harus dihadapi UMKM dalam menghadapi MEA. Bentuk pelatihan kegiatan pengabdian kepada masyarakat berjudul: Pelatihan Peningkatan Kinerja UMKM melalui “UMKM Naik Kelas” di Kabupaten Bengkalis. Faktor pendorong kegiatan ini adalah karena antusiasme atau motivasi yang tinggi dari para pelaku UMKM. Sedangkan kendalanya pelaksanaan program ini adalah kurangnya pelatihan, serta Sinegi frekuensi. Kesulitan lainnya adalah terbatasnya waktu pelaksanaan Pelaku UMKM, karena harus mengurus proses bisnis UMKM yang masih berjalan. Target Luaran lainnya yang akan dicapai adalah publikasi dijurnal ilmiah ber-ISSN, publikasi media cetak dan online, publikasi vidio youtube yang bisa di akses dan HKI.