Usability Testing of the TUS MART Website by Measuring the Customer Satisfaction Index using the WebQual Model
DOI:
https://doi.org/10.35314/587tg046Keywords:
Usabilitas, Webqual, customer satisfaction index, laman situs, belanja daringAbstract
Perkembangan pesat teknologi informasi telah mempermudah berbagai tugas bagi pengguna, khususnya melalui akses internet yang lebih mudah via telepon seluler. Lonjakan pengguna internet mobile sebagian besar dipicu oleh popularitas platform media sosial yang berfungsi sebagai aplikasi pertemanan virtual. Selain itu, media sosial juga berfungsi sebagai alat promosi, termasuk untuk mempromosikan aplikasi belanja daring, yang turut berkontribusi pada peningkatan transaksi e-commerce di Indonesia. Aktivitas hidroponik dan akuaponik di Telkom University Surabaya juga telah berkembang dan memasuki tahap panen produk, sehingga diperlukan sebuah platform untuk menjual produk-produk tersebut. Sebuah platform belanja daring dipilih untuk memasarkan produk-produk Telkom University Surabaya, memungkinkan konsumen untuk berbelanja kapan saja dan di mana saja. Platform ini, yang dikembangkan oleh Telkom University Surabaya, disebut TUS MART. Saat ini, TUS MART masih berada pada tahap pengembangan prototipe dan memerlukan uji usabilitas menggunakan Konsep WebQual. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa nilai Customer Satisfaction Index (CSI) untuk layanan TUS MART adalah 85,99%, yang mengindikasikan tingkat kepuasan yang tinggi di antara penggunanya.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 INOVTEK Polbeng - Seri Informatika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.